Friday, December 26, 2008

Sukses



Siapa orang yang tidak ingin sukses? Jawabannya pasti tidak ada. Namun pernahkah anda menilai seseorang itu sukses atau belum sukses. Apa yang menjadi standar pernilaian sukses menurut anda?

Untuk pelajar apa tolak ukur kesuksesan menurut anda? Nilai yang selalu bagus dan menjadi bintang kelas? Apakah seseorang yang selalu mendapat peringkat akhir pada waktu menerima rapor dan pada suatu saat ia mendapat peringkat setengah dari jumlah murid dari suatu kelas bukan merupakan sebuah kesuksesan? Apakah pelajar baru bisa dibilang sukses jika masuk dalam 3 besar? Bagaimana dengan pelajar yang nilai rata-ratanya 7 sedangkan peringkatnya masih di tengah-tengah saja, apakah dia termasuk bukan orang yang sukses ?

Sebagai seorang yang sudah bekerja, apakah dapat membeli sepeda motor sudah bisa dibilang sukses? atau haruskah dia mampu membeli mobil? atau harus mampu membeli rumah? rumah yang tipe sederhana, atau rumah bertingkat? Anda tentu dapat mimilih mana yang termasuk sukses menurut pandangan anda. Atau anda mempunyai tujuan pencapaian yang lebih. Merupakan hal yang wajar, untuk tetap menjaga motivasi untuk berkembang.

Namun apakah adil jika sesorang anda nilai belum sukses berdasar apa yang menjadi tujuan pencapaian anda? atau membandingkan orang lain dengan diri anda? Jawabannya tidak, karena tujuan dan latar belakang untuk meraih sukses seseorang itu berbeda-beda. Dan sudah sewajarnya kita menghargai pencapaian seseorang.

Jadi 'Sukses' itu merupakan hasil pemikiran dari orang, dan itu akan berbeda-beda standarnya. Bagaimana dengan anda? Sudah sukseskan anda?

No comments: