Sunday, December 21, 2008

Susahnya Jadi Bos



Apa tidak salah? Bos kan kaya, mau apa-apa juga bisa, kalau tidak senang dengan bawahan, tinggal marah, kalau ada kerjaan tinggal suruh pegawainya. Kenapa susah?

Susahnya jadi bos itu banyak, untuk usaha, dia harus bepikir, bagaimana usaha ini berjalan lancar. Kalau usahanya sudah lancar , harus naik ketingkat yang lebih lagi, bagaimana caranya usaha ini bisa lebih berkembang. Kalau sudah bekembang, ada persoalan baru yang muncul, bagaimana mempertahankan perkembangan usaha tersebut. Mengembangkan usaha harus dilakukan secara bekesinambungan.

Bos itu serakah donk ya? Jika dia benar-benar bejiwa bos, ya harus sepeti itu, karena dengan begitu, akan ada jenjang karir untuk karyawannya. Apa anda tidak mengharapkan jenjang karir dalam pekerjaan anda? kalau jawabannya sampai 'iya', saya binggung, tapi kalau anda usil, akan muncul jawaban, 'jabatan tetap terus tidak jadi masalah, namun kenaikan gajinya yang agak lumayan ya'. Aha, saya juga setuju dengan pendapat yang teakhir. Hahahah

Jadi bos juga harus bisa memimpin anak buahnya, bagaimana anak buah dapat bekerja secara maksimal, dan tidak terjadi 'kebocoran'. Iya donk, kalau anak buah tidak maksimal, ya lama-lama perusahaannya yang hancur, kalo tejadi 'kebocoran', perusahaan juga yang hancur. Bagaimana supaya tidak 'bocor', ya bos semesthi pernah melakukan proses atau dapat belajar tentang proses dalam perusahaan. Bagaimana supaya anak buah kerjanya maksimal, ini saya kira butuh pengalaman, menurut saya bos akan dapat mengelola anak buahnya jika ia penah menjadi anak buah. Karena dia tahu apa yang diinginkan anak buah, bagaimana menyikapinya, mungkin juga mengetahui trik-trik nakal (yang bernuansau negatif) yang dilakukan anak buah sewaktu bekerja(tidak menutup kemungkinan dia melakukannya sewaktu menjadi anak buah hahaha, maafkan saya jika ada yan merasa disindir)

Maka itu, kalau jadi bos, ya harus mempunyai jiwa bos(selalu mengembangkan usaha), mental harus kuat, kepemimpinan bijaksana(disegani anak buah, bukannya ditakuti), bepengalaman(untuk sementara ini yang saya temukan).

No comments: