Sunday, December 21, 2008

Kursus Kehidupan



Kursus, atau kelas yang membantu seseorang supaya lebih mempunyai keahlian. Ada banyak hal dapat menjadi bahan dalam kursus. Kursus kehidupan, mungkin adalah pembelajaran dalam kehidupan. Banyak hal yang perlu dipelajari dalam kehidupan ini, mengenai ekonomi(mengatur keuangan), Sosial ( berhubungan dengan sesama), Budaya dan masih banyak lagi.

Jaman sekarang ini , mana ada yang GRATIS ???? Begitu pula dengan kursus kehidupan. Jika kita ingin mempunyai kemampuan lebih dalam kehidupan ini, pasti kita memerlukan biaya untuk mempelajarinya. Maka dari itu, judul diatas saya ambil.

Mungkin tidak seperti kursus-kursus yang diselanggarakan pada institusi pendidikan resmi yang banyak kita jumpai, pembayarannya tidak diserahkan kepada institusi tertentu dan tidak ada tutor(pengajar) dalam kurusus kehidupan ini. Pengajarnya ya orang-orang disekitar kita, intitusinya ya kelompok sosial.

Jadi jika ingin belajar tentang peluang usaha, ya sering-sering berkumpul dengan orang yang sudah berwirausaha. Pengajarnya, ya orang yang telah berwirausaha, topik atau pokok bahasannya, ya tentang pengalaman pribadi dari orang yang telah berwirausaha, la yang mungkin jadi pertanyaan, kemana pembyarannya?

Biayanya adalah biaya yang anda kelaurkan untuk bersosialisasi dengan mereka. Meski mereka teman kecil anda, tetangga anda, untuk bekumpul dengan mereka, apakah anda tidak mengeluarkan biaya? Anda mungkin membantah dengan berkata 'Saya pergi makan dengan mereka untuk nostalgia atau refreshing setelah lelah bekerja, kenapa anda(penulis) berpikir itu adalah biaya? kenapa anda begitu pehitungan, sedangkan saya dengan senang hati mengeluarkan uang tesebut'. Anda BENAR, tidak salah sama sekali, anda sama sekali tidak merasa keberatan dan dengan senang hati keluar 'biaya' tersebut. Tapi apakah anda sadar, dengan bekumpul dengan mereka, anda telah belajar tentang kehidupan ini??????? Tidak semua kejadian atau hal dapat anda jalani atau lakukan sendiri untuk mengerti esensi atau intisari dalam kehidupan ini. Ingat, kita hanya mempunyai waktu 24 jam sehari, sangatlah tidak mungkin kita menjadi manusia SUPER untuk mengalami sendiri semua kegiatan untuk belajar semua hal di dunia ini.

Dengan bersosialisi dan berbagi itulah kita mendapat pelajaran hidup, bukan cuman anda yang mendapat pelajaran hidup, PASTI teman-teman anda juga mendapat intisari dari kehidupan dari pengalaman anda.

No comments: