Friday, December 26, 2008

24 hours a day it's not enough



Masa iya? Hidup 24 dalam sehari tidak cukup ? Ini menurut pendapat penulis :). Subyektif amat? Karena semua tulisan dalam blog ini dibuat berdasarkan pengalaman hidup penulis, jadi saya rasa sah-sah saja untuk menjadi subyektif (agak memaksa, maaf, tapi hal ini menjadi sah karena blog ini milik saya :) ).

Coba kita mulai untuk kebutuhan yang pasti, dalam artian kegiatan yang tidak bisa kita hindari, mulai dari istirahat(khususnya tidur), kita beri porsi 8 jam dalam sehari. Sekali lagi maaf kalo memaksa, pasti ada pendapat dari pembaca, saya cukup tidur 4 jam , saya 6 jam. Tapi ini saya anggap bukan cuman tidur, sekedar santai setelah bekerja, saya masukkan dalam kategori ini. Nah kan , 1/3 dari 24 jam sudah terpakai.

Bekerja, normalnya orang bekerja 8 jam.Jadi saya ambil 8 jam, jika ada pendapat atau kegiatan anda berbeda, ya mohon dianggap sama terlebih dahulu. Hal ini juga termasuk anda yang masih dalam masa pendidikan. Jika anda masih sekolah, mungkin anda menghitung hanya 6 jam, dengan asumsi masuk sekolah pukul 7 dan pulang pukul 13. Tapi anda jangan lupa, biasanya anda harus beajar lagi di rumah, entah itu les privat, entah itu anda mengerjakan PR(pekerjaan Rumah), atau belajar untuk persiapan ulangan(test) besok. Belajar saya anggap kerja, karena tanggung jawab di masa-masa tertentu ya mencari ilmu, kalau sudah kelar masa studi, ya bekerja. Cukup adil saya rasa jika 8 jam saya beri jatah untuk 'kerja'.

Wah tinggal 1/3 lagi, ini baru 2 kegiatan yang penting. Anda butuh sosialisasi bukan? Salah satu kebutuhan dari makhluk sosial, anggap ini semacam penyaluran hobi. Ada yang hobinya main musik, olahraga, pergi ketemu teman, baca buku, nonton tv. Saya beri porsi 3 jam, cukup kah? kembali ke pribadi masing-masing. Tapi saya rasa lebih dari cukup.

Untuk mengurus keperluan pribadi, contohnya makan, keperluan di kamar mandi(karena ada banyak hal, maka tidak perlu saya sebutkan terperinci),dll. 2 jam untuk kebutuhan ini, saya rasa sudah lebih dari cukup, dengan asumsi setiap kali makan 20 menit dan keperluan mandi 20 menit. Jangan terlalu dirinci kegiatannya, karena ada yang menyangkut privasi :p.

Nah, waktu yang tersisa 3 jam , dengan rincian 8 jam istirahat, 8 jam bekerja / sekolah, 3 jam untuk hobbi, 2 jam untuk keperluan pribadi. Untuk apa 3 jam ini? Banyak jawaban yang akan muncul. Jika orang sudah dewasa atau kost, untuk mengurus rumah, mencuci baju, membersihkan kamar / rumah, apakah 3 jam cukup untuk semua itu ? Apakah anda tidak meluangkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga? berbagi tentang apa yang tejadi hari ini, membicarakan tentang masalah dalam keluarga, dll.

Apakah cukup bagi anda 24 jam dalam sehari? Tapi apapun hasilnya, mau tidak mau anda harus menjawab cukup, karena tidak mungkin kita merubah agar dalam 1 hari menjadi lebih dari 24 jam. Untuk itu manfaatkan waktu sebaik-baiknya dan mulailah mengatur waktu anda, Waktu sangatlah berharga, dan waktu tidak akan dapat diputar kembali (untuk saat ini belum ditemukan mesin waktu :p ). Saya juga sedang belajar mengatur waktu dalam hidup, karena pembelajaran dalam hidup tidak akan pernah berhenti sampai kita kembali kepada Sang Pencipta (maafkan saya kalau penutupnya agak mengerikan).

No comments: