Friday, December 5, 2008

Memanusiakan Manusia



Dalam bekerja, merupakan sebuah kebohongan besar jika tiak memikirkan materi (gaji), karena itulah hakikat atau tujuan utama orang bekerja. Tapi yang mungkin tidak bisa dipandang sebelah mata, orang bekerja juga membutuhkan hal yang lain, sesuatu yang tidak dapat diukur secara materi, yaitu PENGAKUAN atas pekerjaannya.

Pengakuan??? Orang narsis (sangat mencintai diri sendiri/ bangga dengan diri sendiri/ Percaya diri yag berlebihan , nb = menurut saya, maaf kalau salah mendefinisikannya), mungkin begitu pikiran sebagian orang. Namun coba anda pikir dan rasakan, jika hasil kerja kita hanya ditanggapi datar oleh rekan kerja atau atasan kita, apakah ada sedikit kekecewaan?? Apalagi jika hanya cemoohan atau celaan atas hasil kerja kita, betapa dongkolnya kita.

Sebenarnya hal kecil juga bisa merupakan suatu pengakuan, cuman terkadang kita tidak menyadarinya. Dengan hanya berkata "Terima Kasih atas laporannya" ini suatu ekspressi kecil atas pengakuan atas hasil kerja, apakah berat untuk mengatakannya??? Jika memang ada kekurangan atas hasil kerja rekan atau bawahan, bisa juga dengan cara yang lebih halus, " Tolong lengkapi / perbaiki laporan ini". Tentunya ini akan membuat suasana kerja lebih enak.

Pada intinya, hal kecil bisa membuat orang lebih merasa dihargai. Kata "tolong", "terimakasih", "maaf", sebenarnya kata-kata yang sederhana, tapi dalam maknanya, dan hal ini sering tidak kita sadari.

No comments: