Thursday, December 18, 2008

Penginggat



Terlalu banyak hal yang terjadi di sekitar kita, terlalu banyak pula pelajaran yang kita dapat dari situ, dan pelajaran yang mungkin berguna di esok hari mungkin sudah tertumpuk dengan hal baru hari ini. Pelajaran yang kita dapat selama kehidupan ini, saya ibaratkan seperti buku yang tersimpan dalam lemari besar, atau mungkin lebih tepatnya perpustakaan. Ada banyak buku hasil pembelajaran hidup, dengan berbagai judul, ada yang tentang kehidupan sosial, ekonomi, spiritual, moral dan masih banyak pembelajaran dalam hidup ini.

Buku-buku atau pembelajaran hidup tersebut akan selalu bertambah seiring dengan bejalannya waktu. Dan karena banyaknya hal yang kita dapat, terkadang kita lupa dengan hal yang pernah kita dapat pada masa lalu.Kita butuh suatu media atau komunitas untuk selalu mengingat pelajaran hidup itu. Komunitas sosial, dimana kita sering berkumpul, mungkin karena memiliki hobi yang sama, atau teman bermain, akan selalu membuat kita teringat apa saja pembelajaran hidup yang pernah kita dapat. Tidak menutup kemungkinan, kita diingatkan akan suatu hal oleh orang yang telah lama tidak kita jumpai, karena berbagi pemikiran setelah lama kita tidak bertemu, kita ngobrol, dan sampailah pada suatu titik untuk mengingatkan kita akan suatu pelajaran hidup.

Komunitas atau interaksi sosial sangat berguna untuk kita membangun hidup yang lebih baik, karena dari situ kita banyak memetik berbagai pembelajaran hidup. Dan pembelajaran hidup itu tentunya sangat berguna bagi kita nantinya. Baru-baru ini, saya bertemu teman lama, sebenarnya kami sudah lama kenal, dan tetap menajaga kontak, mungkin dia baru mulai tertarik dengan suatu hal yang dulunya pernah saya dalami, dia memberikan kepada saya sebuah file berisi tentang kehidupan ekonomi. Sungguh pengalaman yang luar biasa, saya kembali teringat dengan apa yang dulu pernah saya pelajari, dan jujur bahkan hal tersebut hampir telupakan oleh saya, mungkin karena lingkungan kerja atau komunitas sosial yang berbeda. Dari hanya berbagi suatu file, saya menjadi terpacu kembali untuk membangun impian saya, atau setidaknya tersadar akan impian yang pernah saya cita-citakan dan sempat terlupakan.

Ya, Sebagai makhluk sosial, kebutuhan akan bersosialisasi sangat kita butuhkan, dan jangan membeda-bedakan dalam persahabatan. Karena dari berbabagai latar belakang sahabat, kita akan menemukan sesuatu dalam sudut pandang yang berbeda, ini memungkinkan kita untuk mendapatkan hal baru dalam hidup.

Hidup ini indah dan selalu dinamis.

No comments: