Saturday, January 10, 2009

Life In (your) Hand



Yup, life is in your hand. Maaf, jadi keterusan memakai bahasa inggris, maaf kalau ada gramarnya yang salah, maaf... maaf...(kok malah seperti salah satu peran di cerita komedi "Bajaj Bajuri).

Tetapi hal diatas adalah betul, bahkan bukan hanya betul, tetapi sangat betul. Saya jamin, sebenarnya kehidupan itu ada di tangan anda, akan menjadi lebih baik atau lebih buruk, itu tergantung pada pengambilan keputusan yang anda buat saat anda dihadapkan pada pilihan.

Orang lain berpengaruh Pak!!!! Anda jangan membawa orang lain untuk bertanggung jawab kepada keputusan yang anda buat. Orang lain hanya memberikan masukkan atau pertimbangan, mereka mungkin dalam membawakan saran dan opini terlalu optimis, sehingga anda larut dalam jalan pikiran atau pilihan mereka. Namun coba anda renungkan, yang menentukan pilihan atau keputusan itu, bukankah hanya anda seseorang? semenarik apa opini orang lain, apakah anda tidak bisa mengambil keputusan yang tidak sesuai dengan opini orang tersebut?

Jawabannya saya paksa YA, anda punya hak penuh atas keputusan yang anda ambil. Dan yang mungkin menjadi agak menakutkan, anda bertanggung jawab penuh atas keputusan anda. Tidak ada orang yang bertanggung jawab atas keputusan yang anda ambil, karena anda sendirilah yang mengetuk palu, bahkan sampe 3 kali(keputusan tetap), wah malah seperti dipengadilan saja :)

Mungkin anda akan berkata, jika yang memberi saran adalah orang tua, anda akan menuruti saran orang tua. Apakah tidak seharusnya kita menuruti kata orang tua, supaya mereka senang. Anda rupanya anak yang berbakti kepada orang tua :), tetapi, hidup ini yang menjalani anda. Jadi dalam kasus ini, anda terdapat 3 pilihan, menuruti saran orang tua dengan konsekuensi, anda tidak boleh melimpahkan tanggung jawab kepada orang tua jika hasilnya tidak seperti yang anda harapkan. pilihan kedua anda dapat menuruti saran dari orang tua, dipadu dengan hasil pemikiran anda sendiri. Atau anda tetap pada pemikiran anda.

Nah, apa yang anda lihat dari contoh kasus diatas? Anda juga yang harus menentukan, pilihan mana dari ketiga opsi yang saya utarakan untuk anda ambil. Ini merupakan opini atau saran dari saya, namun keputusan tetap di tangan anda.

Jadi apa keputusan anda hari ini ?

No comments: