Wednesday, January 14, 2009

Instan

Betulkah saat ini segalanya instan? Coba kita lihat barang-barang disekitar kita, sekarang banyak barang yang instan, misalnya mie instan, kopi instan, makaan cepat saji(fast food),dll. Namun apakah semua itu instan?

Pendapat saya, TIDAK. Tidak ada yang instan di dunia ini. Menurut saya, instan itu hanya pengalihan proses. Contohnya makanan cepat saji, sebenarnya prosesnya dibalik urutannya atau ditambah urutannya. Makanan cepat saji(mayoritas franchise) menganadalkan kecepatan penyajian dalam penjualannya. Sebetulnya mereka telah memakai waktu yang dibutuhkan dalam pengolahan makanan di pusat produksinya, mereka merancang bagimana cara memasak, supaya nantinya di outlet(toko) orang tidak pelu lama menunggu.

Begitu juga dengan kopi, biasanya kita butuh waktu dalam pembuatan kopi, biji kopi kita seduh dengan air panas, setelah itu, kopi sebenarnya belum bisa langsung kita nikmati. Kita harus menunggu beberapa saat supaya rasa kopi dapat maksimal, kalo ada waktu lebih, kita bisa menunggu sampai sebagian bubuk kopi tidak ada yang mengambang. Waktu dimana kita menunggu untuk dapat menikmati secangkir kopi telah digunakan di pabrik, mereka membutuhkan waktu untuk mengubah biji kopi menjadi kopi instan.

Jadi semua itu menurut saya tetap memerlukan waktu untuk prosesnya, yang diubah sebenarnya kapan proses itu dilakukan. Memang terkadang kita memerlukan sebuah kegiatan ekstra(proses tambahan yang tidak perlu dilakukan jika dikerjakan secara normal) untuk mendapat sesuatu yang sering kita sebut dengan "instan"

No comments: