Sunday, January 11, 2009

Kompensasi



Kata yang satu ini menurut saya sangat adil. Kompensasi, terlepas apa itu buruk atau baik hasilnya. Mungkin arti dari kompensasi dapat saya definisikan sebagai suatu akibat atas suatu keputusan yang diambil. Topik ini berhubungan dengan topik sebelumnya, life in (your) hand.

Kita sedikit melakukan kilas balik, bahwa semua keputusan ada di tangan anda. Hubungan dengan kompensasi apa? Setelah mengambil keputusan , anda harus siap untuk menganggung segala kompensasi atas keputusan yang anda ambil. Terlepas dari apakah akibat dari keputusan yang anda ambil itu baik atau buruk. Karena anda yang mengambil keputusan, anda harus ikhlas.

Jika keputusan yang anda ambil berbuah kebaikan, maka jangan lupa bersyukurlah. Tetapi jangan menyesali dengan telalu berlebihan jika hasilnya kurang baik atau tidak sesuai dengan yang anda harapkan. Anda boleh menyesal, karena menyesal adalah sesuatu yang menusiawi dan menyesal adalah suatu ekpresi dari emosi. Namun saya amat sangat tidak setuju dengan penyesalan yang berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik adanya. Apalagi jika sesuatu yang negatif, salah satunya penyesalan, ini bisa berakibat kepada kesehatan fisik.

Kegagalan merupakan sukses yang tertunda, namun anda jangan memaklumi kegagalan. Jika anda memaklumi kegagalan, maka anda tidak memiliki mental untuk maju. Anda akan pasrah dengan kehidupan yang keras, akan sangat 'nrimo' segala sesuatu yang ada. Anda harus memikirkan caranya meminimalkan kegagalan.

Akhirnya, saya bisa katakan, terimalah segala 'kompensasi' atas keputusan anda, karena itu adalah pilihan anda !!!!!!

No comments: