Tuesday, February 16, 2010

Olahragawan sejati

Olah raga, salah satu kegiatan yang dibutuhkan dan penting bagi kehidupan manusia. Jika dilihat dari hal yang paling mendasar, manfaat olah raga adalah membuat badan kita sehat, selain asupan gisi yang seimbang dan pola hidup yang baik. Olah raga berdampak pada keseimbangan metabolisme tubuh, mengeluarkan zat-zat yang berlebihan di dalam tubuh dan dapat sebagai sarana detoksinasi.

Dari sudut pandang yang lain, olah raga juga dapat membentuk pribadi yang lebih baik. Di dalam dunia olah raga kita dituntut untuk lebih sportif dan jujur. Tidak malu mengakui keunggulan atlet lain, dan jika anda ingin menjadi atlet yang sukses, jangan berhenti pada titik mengakui kehebatan para pesaing anda, anda harus lebih giat berlatih supaya ganti anda yang diakui keunggulannya dari pesaing anda. Tidak mudah cepat puas dan putus asa merupakan nilai lain jika anda ingin menjadi atlet yang sukses. Namun alangkah lebih baik lagi jika anda tidak menjadi sombong atas kesuksesan anda.

Sekedar ingin berbagi mengenai pengalaman pribadi. Saya termasuk orang yang mempunyai kemampuan di bidang olah raga, namun mungkin bukan merupakan pilihan dari teman-teman saat berolahraga. Kebetulan olah raga yang saya gemari adalah olah raga beregu. Saya mampu beradaptasi dengan teman waktu permainan dimulai, namun tujuan saya adalah bermain dengan baik, dalam artian tidak banyak melakukan kesalahan dan berguna bagi regu saya. Yang menjadi masalah, saya tidak menjadikan kemenangan sebagai tujuan saya terkecuali pada saat bertanding. Pada saat latihan saya merasa puas jika telah bermain baik, kemenangan merupakan bonus bagi saya. Saya juga memilih bermain aman, dalam artian lebih berhati-hati, supaya saya atau teman latihan jangan sampai ada yang cidera menggingat usia saya dan teman sepermainan.

Saran saya, jika anda ingin menjadi olahragawan anda tetap dapat mengambil nilai positif dari diri saya, yaitu bermain baik dan hati-hati namun anda harus memiliki nilai yang lain, jangan mau kalah dan tetaplah rendah hati.

Apa yang membuat anda merasa lebih dari orang lain? Apakah di bidang yang anda pilih tidak ada orang yang melebihi kemampuan anda?

No comments: