Thursday, February 18, 2010

MLM (bagian 2) istilah-istilah dalam MLM

Setelah mengetahui sistem kerja dari MLM(multilevel marketing), kita perlu mengetahui istilah-istilah dalam MLM. Saya coba membahas beberapa istilah dalam MLM.

Upline, anggota yang terlebih dahulu menjadi anggota MLM, yang nantinya mempunyai beberapa downline. Upline dapat kita samakan sebagai orang tua dalam pohon keluarga, bertugas membantu downline dalam mengembangkan jaringan.

Downline merupakan anggota yang menjadi anggota MLM. Dapat kita analogikan sebagai anak dari upline. Karena di beberapa perusahaan MLM tertentu ada batasan dalam memiliki downline, maka penempatan posisi member baru dalam skema jaringan downline dapat ditempatkan sebagai cucu atau cicit dalam bagan keluarga.

Starter pack adalah sepaket barang yang diberikan sewaktu mendaftar menjadi anggota suatu perusahaan MLM.

Tutup point musti dilakukan seorang anggota perusahaan MLM sebagai syarat menerima bonus(jika ada) pada periode tertentu(pada umumnya tiap bulan). Jika anggota MLM tidak tutup poin maka secara otomatis bonusnya akan hangus/hilang(jika pada periode tertentu si anggota semestinya mendapat bonus).

Bonus adalah pendapatan seorang anggota MLM atas hasil kerjanya. Banyak hal yang dihargai oleh perusahaan MLM, namun apa saja hasil kerja yang diberikan oleh perusahaan MLM dan berapa besarannya tergantung kebijakan dari masing-masing perusahaan MLM.

No comments: