Saturday, January 8, 2011

Rapor

Bagi yang masih sekolah, mungkin sekarang saatnya pengembalian rapor karena habis libur tengah semester, kalau anda sedang kuliah, sekarang ini masa dimana jantung anda berolahraga, menantikan hasil mata kuliah yang anda tempuh selama setengah tahun yang lalu. Namun disini saya bukan ingin membahas rapor seperti bayangan anda. Melainkan 'Rapor kehidupan'.

Aneh??? Sedikit aneh menurut saya kehidupan ini bak kita menempuh pendidikan. Dimana banyak mata pelajaran yang harus kita ambil, dan di tiap mata pelajaran memiliki nilai. Kalau anda binggung dan tidak percaya mari kita bahas lebih mendalam.

Kita akan bernostalgia dengan keadaan atau situasi sewaktu di SD. Tentunya kita semua pernah menempuh pendidikan itu. Simpel saja, di SD ada mata pelajaran Agama. Di kehidupan ini mata pelajaran tersebut akan kita ikuti sampai kita 'kembali kepadaNya. Suatu yang berhubungan dengan kedekatan kita pada Sang Pencipta. Ada juga pelajaran PPKN(jaman saya sekolah lebih dikenal dengan PMP), pelajaran tentang moral, kalau pelajaran Agama bersifat vertikal, maka PPKN lebih bersifat horisontal, namun tetap pondasi atau dasarnuya adalah hati. Lalu ada pelajaran IPS, yang mengajak kita lebih menjadi makhluk sosial, dan IPA yang berhubungan dengan alam.

Lalu apa yang menjadikan menarik? Ternyata hidup lebih kondisional, dimana kita dihadapkan pilihan mata pelajaran mana yang akan kita prioritaskan. Tidak seperti sekolah, dengan belajar supaya dapat mengerjakan ujian, maka nilai di rapor kita tentu akan bagus semuanya. Di saat kita ingin menjadi makmur, maka banyak cara yang bisa kita tempuh untuk mencapai tujuan kita. Jika ongin cepat makmur, maka konsekuensinya akan ada nilai di rapor kita yang merah. Contoh extrem dengan berjudi(walau sebenarnya hidup adalah perjudian), atau menipu orang.

Memang kita bisa mendapat nilai yang sedang-sedang di semua mata pelajaran, namun konsekuensinya tujuan kita juga akan lamban juga tercapainya. Nah, sekarang nilai rapor kehidupan anda sepenuhnya ada di tangan anda, mau mengorbankan salah satu mata pelajaran, atau anda lebih memilih nilai yang rata-rata namun hidup tentram. Selamat menjalani hidup ini.....

No comments: